Selasa, 18 Maret 2014

Open House


Babak Baru Awal Tahun,
LMenJogja dan HiLoJogja Gelar Open House



            “Beraksi, Berbagi Inspirasi” menjadi tema L-Men Community Yogyakarta (@LMenJogja) dan HiLo Green Yogyakarta (@HiLoJogja) pada tahun 2014, melanjutkan serangkaian “Aksi Nyata Bukan Wacana” yang sudah dilakukan pada tahun 2013 yang lalu. Sebagai babak baru di awal tahun 2014, kami menyelenggarakan Open House untuk menjaring lebih banyak lagi orang-orang yang siap menjadi aktivis hidup sehat maupun hidup hijau di Yogyakarta. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 12 Januari 2014, bertempat di Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Provinsi D.I.Yogyakarta, Dalem Ngadiwinatan Suryoputran KT II/23, Yogyakarta.
            Acara Open House ini sengaja diselenggarakan untuk kembali memperkenalkan lebih dekat kepada masyarakat tentang visi misi komunitas hidup sehat LMenJogja dan komunitas hidup hijau HiLoJogja, pembukaan secara resmi pendaftaran anggota baru komunitas, presentasi aktivitas yang telah dan akan dilakukan sepanjang tahun 2014, serta pengenalan divisi-divisi yang telah dibentuk dalam kepengurusan komunitas. Pendaftaran anggota baru komunitas dibuka secara online dari tanggal 1-12 Januari 2014 dan juga on the spot saat acara Open House berlangsung. Jumlah pendaftar yang tercatat adalah sebanyak 66 orang yang terbagi dari ketertarikan mereka bergabung sebagai anggota LMenJogja, HiLoJogja maupun keduanya.
            Sesuai dengan jadwal yang telah disusun, acara dimulai tepat pada pukul 13.30 WIB. Hujan lebat sempat mengguyur Yogyakarta pada saat itu, namun hal tersebut tidak melunturkan semangat seluruh panitia maupun peserta untuk datang di acara Open House tepat pada waktunya. Acara pertama dibuka dengan sambutan dan presentasi tentang visi misi komunitas yang disampaikan oleh Rico, Ririn (Gemilang), dan Ayu Meivitasari. Secara garis besar L-Men Community Yogyakarta maupun HiLo Green Yogyakarta sengaja secara organik dibentuk agar dapat menginspirasi orang lebih banyak lagi untuk menjalani gaya hidup sehat maupun hidup hijau dengan aksi-aksi nyata yang dilakukan secara masif. Komunitas menjadi wadah untuk siapapun, tidak membatasi gender maupun umur untuk dapat mengapresiasikan dirinya kepada masyarakat secara luas. Sehingga dengan adanya komunitas ini maka akan lahir orang-orang yang siap menjadi motivator dan dengan tulus berbagi dengan masyarakat. 
           


 Antusiasme peserta Open House kemudian semakin bertambah ketika kami perkenalkan tim-tim yang selama ini ada di balik layar, yaitu Action Trigger LMenJogja dan juga Green Booster HiLoJogja. Pada tahun 2014 ini kami membentuk divisi-divisi khusus sesuai dengan minat dan ketrampilannya masing-masing. Selain jabatan ketua (Father of), sekretaris, bendahara, dan Public Relation (PR) kami juga membentuk Mass Coordinator, Health Education Division (HED), Green Education Division (GED), Social Media Development (SMD), Creative Design Division (CDD), Marketing Communication (Marcomm), Inventory Division (ID), dan Public Report Division (PRD). Diawali oleh presentasi Reza dan Samba sebagai pengurus inti, kemudian presentasi dilanjutkan oleh masing-masing koordinator yang menjelaskan tentang tugas dan rencana kerja tiap divisi pada masa kepengurusan mereka selama enam bulan kedepan. Sesi tanya jawab juga dibuka, para peserta yang ingin tahu lebih dalam tentang komunitas bertanya dengan begitu kritis dan menyimak jawaban dari kami dengan begitu jeli. Hal ini menunjukkan ketertarikan dan kepedulian mereka terhadap LMenJogja dan HiLoJogja.

            Acara terakhir, kami lanjutkan dengan Forum Group Discussion (FGD) yang mengangkat tema tentang “Larangan Merokok di Area Publik”. Masing-masing peserta dibagi menjadi 6 kelompok yang dipimpin oleh masing-masing “kakak pembimbing” diskusi. Dengan adanya FGD ini kami harapkan lebih memahami pola pikir maupun jiwa kepemimpinan dalam suatu forum dari anggota-anggota baru komunitas.
            Tepat pukul 16.30 WIB acara ditutup, rekah semangat dari seluruh panitia dan peserta Open House semakin terpancar dari air muka mereka. Semakin tidak sabar untuk bersama “Beraksi, Berbagi Inspirasi” dengan anggota keluarga baru dalam komunitas. Sorak ramai ketika diteriakkan “LMen-HiLoJogja”, dan serentak menjawab “WE ARE FAMILY”.
            “Selamat Datang Anggota Keluarga Baru L-Men Community Yogyakarta dan HiLo Green Yogyakarta. We Are One Family, Not Only a Common Community”. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar