Selasa, 18 Maret 2014

Social Trip Jogja


Social Trip Jogja, Tanamkan Hidup Sehat dan Hijau Sejak Dini 

            Pagi yang cerah, 23 Februari 2014, Action Trigger dari L-Men Community Yogyakarta (@LMenJogja) dan Green Booster HiLo Green Yogyakarta (@HiLoJogja) sudah siap untuk melaksanakan aksi sosial #SocialTripJogja. Udara di Jogja juga sudah mulai kembali bersih pasca dampak hujan abu erupsi Gunung Kelud, Jawa Timur. Segarnya udara pagi menambah semangat kami untuk kembali “Beraksi, Berbagi Inspirasi” nyata kepada masyarakat secara langsung.
            Tepat pukul 8.00 WIB semua peserta Social Trip Jogja sudah berkumpul di meeting point Monumen Jogja Kembali yang kemudian perjalanan dilanjutkan langsung ke tempat utama acara pagi itu yaitu di Panti Asuhan/ Pesantren Mu’Adz bin Jabbal. Panti asuhan ini berada di lereng gunung Merapi, daerah sekitar Turgo kurang lebih 7 km dari puncak Gunung Merapi dan merupakan panti asuhan swadaya masyarakat yang dibentuk pasca erupsi Merapi pada tahun 2010 yang lalu.
            Sambutan hangat langsung kami terima dari pengurus dan adik-adik panti asuhan. Acara kami mulai tepat pukul 9.00 WIB setelah semua barang maupun peralatan sudah selesai dipersiapkan. “Selamat pagi adik-adik!”, salam hangat dari pembawa acara kala itu. Social Trip Jogja kali ini kakak-kakak dari L-Men Community Yogyakarta dan HiLo Green Yogyakarta akan melakukan beberapa kegiatan yaitu edukasi tentang bahaya rokok sejak dini, edukasi hidup hijau, berkebun bersama, dan penyerahan donasi berupa sembako berupa pakaian layak pakai kepada pihak panti.
            Acara utama dimulai dengan edukasi bahaya rokok sejak dini yang disampaikan oleh Kak Rico selaku perwakilan tim Health Educator dari LMenJogja. Materi disampaikan dengan santai, adik-adik diputarkan video animasi tentang rokok seperti zat-zat yang terkandung, dampak dan bahaya yang akan dialami bagi seorang perokok baik aktif maupun pasif. Setelah itu dilakukan simulasi sederhana yang sudah disiapkan dengan alat peraga. Dari penjelasan yang diberikan, diharapkan sejak dini anak-anak “TIDAK PENASARAN & TIDAK INGIN MENCOBA MEROKOK” karena dari hasil riset yang telah dilakukan oleh beberapa ahli menginformasikan bahwa awal mula seseorang merokok adalah karena coba-coba. Sedangkan sudah kita ketahui bahwa rokok memiliki zat adiktif sehingga mengakibatkan seseorang itu ketagihan dan terus ingin merokok. Kenali sejak dini, cegah sejak dini, hidup sehat sejak dini sebagai investasi kesehatan seumur hidup.
            Materi edukasi selanjutnya yaitu mengenai hidup hijau 3R “Reduce, Reuse & Recycle” yang disampaikan oleh Kak Billy perwakilan dari Green Educator HiLoJogja. Kurangin produksi sampah, manfaatkan kembali barang-barang yang masih dapat digunakan, dan daur ulang sehingga kembali memiliki nilai manfaat. Ketika materi hijau ini disampaikan kami pun mencoba untuk lebih mengajak adik-adik berpikir kritis tentang dampak sampah. Beberapa dari mereka menjawab ketika sampah menumpuk maka akan mengakibatkan banjir, air sungai meluap karena terjadi pendangkalan sungai. Jawaban yang tidak kami sangka dari pemikiran seorang anak usia SD, disini dapat kita simpulkan bahwa meskipun dengan keterbatasan yang ada mereka tetap peduli dengan kondisi sekitarnya dengan mengikuti berita dan memahami sebab akibat yang dapat terjadi hanya karena kelalaian manusia. 


            Acara kemudian dilanjutkan dengan menanam bibit pohon sirsak yang sudah kami bawa yang kami sebut dengan “Pohon Persahabatan”. Semua tim begitu sigap menggali lubang untuk ditanami bibit pohon persahabatan. Adik-adik juga begitu antusias ikut membantu kakak-kakak. “Berani kotor bukan jadi masalah yang penting nanti cuci tangan”, ujar Samba.
            Tepat pukul 11.00 WIB acara ditutup dengan penyerahan donasi sembako dan pakaian layak pakai kepada pihak panti yang diwakili oleh Sydney Samba, Reza dan Reno perwakilan dari komunitas dan Aussie Andry mewakili pihak Nutrifood (@nutrifood). Acara Social Trip Jogja ini dapat terlaksana dengan lancar atas bantuan dari Nutrifood sebagai sponsor utama dan juga para donator. Semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat untuk Panti Asuhan Mu’Adz bin Jabbal. 
            “Mari hidup sehat bebas rokok sejak dini. Mari hidup hijau, lebih bijak sebagai bentuk kepedulian pada bumi kita tercinta. Mari peduli pada sesama, hidup bersama dengan harmonis.”
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar